Viewing phenomenons from other side

Minggu, 30 Juni 2019

MENELAAH SEJUMLAH BUKTI KENAKALAN KOCHENG OREN! TERNYATA...


Gambaran kocheng oren yang tersinggung karena dianggep nakal
Dari sejak jaman Fir’aun masih ngelap ingus sampe Fir’aun buka warnet, kita semua sepakat bahwa kucing paling nakal ya kucing garong. Kucing garong selalu jadi terduga sejumlah kasus pencurian. Mulai dari ikan teri, ikan asin, lele, dan sejumlah ikan yang niqmad dan lezad lainnya. Tapi kalo sahabat Cakrawala memperhatikan, belakangan ini muncul kecurigaan serupa ke kucing yang berwarna orange/kuning terang yang saat ini kita kenal dengan spesies baru bernama Kocheng Oren. Kocheng oren dianggap lebih liar, nakal, brutal, membuat semua orang menjadi gempar (kalo baca nya sambil nyanyi, berarti kamu tua).

Yups, fenomena kocheng oren yang lagi heboh ini emang sulit dicerna akal. Soalnya, bagi kita yang nggak merhatiin ya semua kucing ya sama aja. Tapi ada sejumlah testimony dari masyarakat yang mengarahkan kita ke satu kesimpulan, bahwa dunia perkucingan memang didominasi oleh kocheng oren. Terlepas dari warna orange nya sedikit, kocheng yang punya motif warna orange tetep dianggep nakal, agresif, iseng, jahil, kriminal dan sebagainya.

Dikutip dari Vice, ternyata ada sebuah penelitian oleh Liz Stelow dari University of California Davis pada 2015. Timnya menyelidiki hubungan tingkah laku agresif kucing dengan warna dan motif bulunya.

Dalam penelitian yang kemudian dimuat dalam the Journal of Applied Animal Welfare Science, Stelow dan tim menganalisis jawaban survei online dari 1.274 pemelihara kucing di Amerika Serikat tentang hubungan tingkah laku kucing dengan warnanya. Survei tersebut memuat beberapa pertanyaan, seperti seberapa sering kucing menggigit, mencakar, dan mendesis kepada majikannya.

Sebats dulu gan

Hasilnya, kucing berwarna tortoiseshell (warna utama hitam atau cokelat, dengan shade merah, cokelat, atau oranye) dan kucing warna calico (belang tiga) lebih banyak dilaporkan bertingkah laku agresif dibanding kucing warna lain. Di antara dua jenis warna itu, kucing tortoiseshell dianggap yang paling nyebelin sampai-sampai dijuluki “tortitude”.

Hasil penelitian di atas tentunya nggak jadi bukti ilmiah bahwa kocheng oren emang suka bikin onar. Tapi admin yakin bahwa sebenernya secara naluriah, semua kucing emang punya kenakalannya sendiri. Walaupun mungkin sekarang ini yang lagi trending adalah kocheng oren, tapi kita sebenernya udah terbiasa sama stereotip dan mitos tentang kucing, misalnya:

1. Kucing garong (abu-abu) itu tukang maling lauk
Padahal yang namanya kucing, kalo laper dan kepepet ya tetep bakalan maling sih. Tapi nggak tau kenapa cap maling ini cuma dikasih ke kucing warna abu-abu campur hitam yang kita kenal dengan nama kucing garong. Saking dianggep maling, kucing ini sampe jadi judul lagu dangdut.

2. Kucing hitam itu bawa sial
Masa sih? Admin kurang percaya sih sama suatu benda atau hal lain yang dianggep bawa keberuntungan atau kesialan. Yang jelas, kucing berwarna hitam itu banyak dianggep bawa sial buat banyak pandangan masyarakat. Salah satu buktinya, Black Panther dari Wakanda kali ya.

Kalo kucing hitam bawa sial, nggak mungkin om Tony ngajakin Black Panther

3. Kucing belang tiga itu cerdas banget
Selain dibilang cerdas, kucing belang tiga yang berkelamin jantan juga langka banget lho! Ada sebagian yang bilang karena kucing belang tiga jantan itu calon pejantan alpha, jadi pejantan lain memangsanya sebelum kucing itu jadi dewasa. Ada lagi yang bilang kucing belang tiga jantan itu dianggep cacat sama ibunya, makanya dimakan sama ibunya sendiri dari kecil (ya ampun, padahal anak yang cacat bukanlah aib, tetapi amanah yang harus kita jaga lho, cing).

Apapun warnanya, kucing tetaplah kucing. Tetap sulit ngubah pergaulan bebas kucing-kucing muda yang udah hamil di usia belia, sering keluar malem, jadi pelakor (perebut lauk orang) dan masih banyak lagi. Intinya, kita nggak berhak menghakimi dan menetapkan gelar kenaqalan kocheng oren cuma karena warnanya. Ini sama aja kayak ngatain anak kecil kalo unyeng-unyengnya banyak, pasti nakal. Padahal enggak juga lho. Sebagai bonus, admin kasih beberapa gambar kocheng oren. Semoga menghibur:

Garfielfd, bisa jadi awal mula labelling kocheng oren dianggep nakal

FYI, Doraemon awalnya kocheng oren lho gaes! Coba deh nonton The Birth of Doraemon

Sasameong! Sasameong!

Tahan cing! Selesain pake cara baek-baek!

Udah pada siap difoto, udah rapi, malah kocheng oren ngerusak momen

Kocheng oren punya Hotman Paris pasti nih

"Mati lo! Mati lo!"

Berlatih untuk melamar kerja di sirkus

Tidak bisa santuy, ingin ngegas terus

Perlahan-lahan, agar tidak ketahuan

Tidak sabaran

Kocheng oren Alaska

Permisi mas, permisi mbak, saya mau lewat

Promo Whiskas aja ditolak! Songong beud!

Menirukan adegan Crows Zero

Fakta-fakta kocheng oren

Ketika ditebengin temen yang jago balapan

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Categories

Tentang Kami

Sahabat Cakrawala

Recent Posts

Pages

Theme Support