Viewing phenomenons from other side

Kamis, 13 Juni 2019

BODY SHAMING: CARA BECANDA PALING NORAK SEALAM SEMESTA


Kamu pasti udah nggak asing sama istilah ini ‘kan? Kamu-kamu yang buka artikel ini setelah baca judulnya pasti kebanyakan korban body shaming ‘kaaan? Hayo ngakuuuu! Oke, buat sahabat Cakrawala yang belom tau nih, body shaming itu ujaran yang entah becanda atau serius, mengarah ke bentuk fisik seseorang. Sebagian besarnya sih, bernada negatif, ejekan atau hinaan. Berikut contoh-contohnya:
“Kok gendutan sekarang?”
“Ih anaknya gembul bangeeeet! Jadi pengen gendong mamanya”
“Kamu orang apa monas? Tinggi banget…gengsinya”
“Udah lama nggak ketemu, makin item aja lu”
Itu cuma beberapa contoh body shaming. Gimana sih rasanya kalo diomongin gitu? Mungkin niatnya becandaan sih, tapi kok nancep banget di hati ya? Padahal kan bisa diganti kalimatnya ya. Misalnya:

“Sayang, kamu kok gendut?” bisa diganti pake “Sayang, kamu dari jauh udah keliatan”
“Kamu pendek ya” bisa diganti “Kamu tuh imut, mungil, kayak bonsai”
“Kamu kok kurus banget?” bisa diganti “Badanmu hemat banget ya”
“Muka lu tua banget” bisa diganti “Tata letak muka lu antik banget ya”

Nah itu contoh body shaming juga, jadi jangan yaaaa! Jadi sebaiknya nggak usah deh bawa-bawa fisik. Bahkan di dunia professional, kamu nggak boleh muji yang berkaitan ama fisik lho! Jadi kalo mau muji orang ya yang berkaitan dengan aura dan atmosfer kayak “Pagiii, semangat banget hari ini. Sarapan apa sih tadi?” atau “Masih pagi udah ceria banget, nggak ketemu macet ya?”. Nggak boleh muji yang “Cakep banget kamu hari ini” nanti dibales “Oh berarti kemaren nggak cakep? Oke fine!” gimana coba? Selain norak, ada sebab-sebab lain kenapa kamu nggak boleh becanda pake body shaming:

1. Bentuk fisik orang itu pemberian Tuhan
Yoiiii! Bentuk fisik setiap orang itu emang beda-beda, tapi bukan berarti itu kemauan mereka ya. Contohnya admin Diary Cakrawala, kami juga nggak tau kenapa bisa terlahir secakep ini, ya itu kan terserah Tuhan. Soal orang lain mau tinggi, pendek, panjang, lebar, panas, dingin, ya itu udah dari sananya, dari pengaturan pabriknya. Singkatnya, nggak ada orang yang bisa minta terlahir putih, tinggi, langsing, matanya besar, giginya rapih, pipinya tirus, bibirnya tipis. Tunggu, kenapa admin jadi mendeskripsikan diri sendiri?
Suneo aja anti body shaming, masa kamu masih kepo sama bentuk fisik orang lain?
2. Body shaming itu termasuk bullying lho!
Bullying itu nggak ada yang asik lho ya. Baik fisik maupun verbal. Body shaming itu termasuk ke kategori bullying verbal. Karena isinya cuma hinaan, ejekan, sindiran dan cemoohan soal bentuk fisik orang lain. Jadi jangan sampe kayak gitu ya!

3. Nggak cuma sampe situ, body shaming termasuk kejahatan dan ada hukumannya
Masa sih becanda doang bisa dihukum? Becanda itu kalo orang yang dibecandain bisa terima ya. Kalo orang yang dibecandain nggak terima, itu namanya hinaan atau ejekan. Berikut kutipan dari Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Dedi Prasetyo.
"Body shaming dikategorikan menjadi dua tindakan. Tindakan yang seseorang mentransmisikan narasi berupa hinaan, ejekan terhadap bentuk, wajah, warna kulit, postur seseorang menggunakan media sosial. Itu bisa dikategorikan masuk UU ITE (Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik) Pasal 45 ayat 1 dan Pasal 27 ayat 3, dapat diancam hukuman pidana 6 tahun,"
Ini dasar-dasar hukumnya. Hati-hati ya!

4. Body shaming bikin orang jadi minder dan nggak PD
Orang-orang korban body shaming bisa jadi minder dan nggak PD (perang dunia? Bukan, percaya diri). Jangan sampe kamu jadi penyebab jatohnya mental dan kepercayaan diri orang cuma gara-gara becandaan nggak asik kayak body shaming ya!

5. Masih banyak becandaan lain, nggak perlu pake body shaming
Nggak perlu becandaan body shaming, masih banyak becandaan lain. Kamu kan bisa adu pantun misalnya
“Masak aer biar mateng (cakep)
Udah mateng, dibawa pake getek (cakep)
Eh admin nggausah sok ganteng (cakep)
Muke lu kayak pinggiran ketek!”

Orang-orang, terutama cewek, cenderung bakal kepikiran
banget sama body shaming yang diucapin ke mereka, bisa bikin depresi lho!
Lah, tetep body shaming ya itu? Hahaha! Intinya, masih banyak banget becandaan yang nggak perlu ngelibatin bentuk fisik. Kalo menurut pitutur Jawa itu “Be creative” lah. Kalo di jaman modern gini kamu masih kesulitan nyari jokes alias candaan selain body shaming, berarti kamu masih kampungan banget dan nggak cerdas karena becandaannya cuma seputar fisik doang. Stop body shaming! Berhenti ngejek fisik, masih banyak sisi lain dari temen kita yang bisa diejek. Wahahaha! Sampe jumpa di post berikutnya.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Categories

Tentang Kami

Sahabat Cakrawala

Recent Posts

Pages

Theme Support