Viewing phenomenons from other side

Senin, 03 Juni 2019

ANTARA BOCAH KECANDUAN GAME DAN ORANG TUA KECANDUAN SOCMED, MANA YANG LEBIH BERBAHAYA?


Apa kabar sahabat Cakrawala? Belakangan admin liat ada banyak banget kutipan yang mirip sama judul topik kita di atas. Kurang lebihnya gini “Lebih banyak orang tua dirusak socmed daripada anak-anak dirusak game online” bener nggak sih menurut kalian? Well, to be honest, admin juga belom nemu sih survey yang kredibel untuk tau kebenaran kutipan itu. Yang jelas, kali ini lagi-lagi admin bakal beropini sesuka hati, wahahaha! Mari kita awali dengan bismillah, semoga yang baca artikel ini langsung emosi nantinya.

Oke, kita mulai dari yang sederhana dulu. Anak-anak jaman sekarang emang doyan banget sama yang namanya maen game online. Bahkan, banyak di antara mereka yang udah gatau lagi permainan tradisional (anak 90an pasti tau permainan tradisional itu apa aja). Anak jaman sekarang cuma tau Mobile Legends, PUBG dan sebagainya. Mereka nggak tau asiknya main permainan jadul kayak petak umpet, bekel, atau yang lebih jadul lagi, nge-prank tentara Jepang dan Belanda. Lebih jadul lagi, kejar-kejaran sama T-Rex. Di sisi lain, orang tua juga mulai lebih doyan buka Facebook dan share artikel hoax di grup Whatsapp keluarga. Kalian yang tau itu hoax jadi bingung ‘kan? Mau diingetin ntar dibilang durhaka, nggak diingetin ya kadang kesel juga. Terus, jadi lebih berbahaya yang mana?

Soal bocah dan game online 
Jujur aja, admin emang doyan banget maen game. Suka lupa waktu kalo udah maen game. Satu jam maen game berasa kayak cuma 60 menit. Kadang sampe lupa waktu, lupa makan, lupa mandi, tapi nggak akan pernah lupa rasa sakit ketika si dia memilih yang lain. Tapi maen game emang banyak kerugiannya kok. Faktanya, pemain game online emang suka ngabisin duit cuma buat maen game doang. Kasusnya pun beragam. Mulai dari nyolong duit orang tua buat maen ke warnet atau beli item/barang di game (ayo ngaku aja, pasti pernah ‘kan?), sampe bacok-bacokan cuma gara-gara kalah di game atau adu argument di game.
Nggak semua orang bisa jago dan sukses di dunia game. Camkan itu anak muda!

Selain itu, negara +62 ini masih nggak begitu peduli sama rating batasan usia pemain game. Jadi, banyak bocah usia 7-10 tahun yang maenin game untuk usia 17an gitu. Hasilnya bisa ditebak, mereka bakal niruin adegan-adegan di dalam game, terutama adegan kekerasan. So, ini bahaya banget ya gaes! 

Soal ortu dan socmed 
Yang namanya jaman sekarang, smartphone emang udah bukan barang mewah. Kang sayur aja kalo mager jualan kangkung sama wortel via online. Ditanya “Cabe satu ons berapa?” dijawabnya “Cek PM ya, bu”. Semua serba online pokoknya. Di jaman modern ini juga kayaknya udah nggak ada orang yang nggak punya akun Facebook lah ya. Kalo masih ada, kami dari Diary Cakrawala buka jasa buat akun Facebook, per akun 10.000 aja. Masalahnya adalah: Apakah semua orang pake akun Facebooknya dengan baik dan benar? Nggak dong! Pasti ada aja yang nyeleneh ya. Terutama, ehm…orang tua.
Orang tua yang kecanduan socmed juga membahayakan kesehatan mereka lho!

Orang tua emang diberkahi (cieeeh, diberkahi katanya) dengan kemampuan untuk beli paket internet dan smartphone keren karena rata-rata orang tua emang udah bekerja dan punya uang sendiri. Tapi faktanya, masih banyak orang tua yang sulit untuk milih informasi hoax (palsu) dan fact (fakta). Mulai dari informasi politik, sosial, ekonomi, sampe yang paling berbahaya, yaitu informasi medis! Tapi yang namanya orang tua, ngerasa ada pride yang harus mereka jaga, supaya nggak terlihat bodoh atau memalukan saat dikoreksi generasi muda. Sehingga tiap kali generasi muda ngingetin kalo informasi yang mereka share itu hoax, mereka bakal ngatain kita sok tau, bodoh, nggak berilmu, primitif, manusia purba, kutil onta, jakun musang, iler komodo, sempak jerapah dan masih banyak lainnya. Bayangin deh kalo informasi yang kita liat tiap hari itu informasi hoax, bahaya banget ‘kan!?

Terus, mana yang lebih banyak di antara dua golongan itu? 
Sama banyaknya! Bocah kecanduan game online itu bahaya! Mulai dari resiko kena penyakit mata, suka nyolong, nggak inget waktu, sampe ke arah kekerasan. Orang tua yang kecanduan socmed dan share berita hoax juga bahaya! Apalagi yang share berita hoax medis. Ngeri kalo orang sariawan dikasih paracetamol, orang pusing disiram oli panas, orang batuk disindir “Es teroooosss” yang jelas-jelas nggak bikin sembuh. Langkah kita ke depannya sebenernya sederhana, mulai buka pikiran, kalo istilah bahasa Jawanya itu be open-minded

Hoax medis ternyata masuk di peringkat tiga
paling banyak dishare (sumber tercantum)

Generasi muda mulai harus paham kalo mereka punya potensi yang bisa dikembangin selain game. Jangan nge-game terus, udah gitu nggak jago, nyampah doang di tim. Temen ditembakin malah asik nge-loot. Ada hero support bukan dilindungin malah maju sendiri, sok-sok solo player, biar apa gitu?

Generasi senior juga harus mulai paham bahwa nggak semua yang ada di internet itu benar. Karena hampir semua yang ada di internet ini sekarang bisa diedit dengan tujuan buruk. So, mari kita semua sama-sama mendewasakan diri supaya “candu” yang udah terlanjur mendarah daging urat kuku kepala pundak lutut kaki ini jadi nggak membahayakan diri sendiri dan orang lain. Terakhir, mari kita tutup opini warbiasah ini dengan Alhamdulillah dan sampai jumpa di postingan berikutnya. Emmuuah!
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Categories

Tentang Kami

Sahabat Cakrawala

Recent Posts

Pages

Theme Support