Viewing phenomenons from other side

Sabtu, 08 Juni 2019

ALASAN SEDERHANA KENAPA GENERASI MUDA MALES KUMPUL KELUARGA


Hallo sahabat Cakrawala! Sebelumnya admin ucapkan minal aidin walfaidzin. Please sorry born and heart alias mohon maaf lahir dan batin. Wahaha, ngasal banget ya bahasa Inggrisnya. Nah, masih dalam suasana lebaran nih, pasti banyak ‘kan hal yang kalian tungguin dari lebaran? Mulai dari mudik, rendang, opor ayam emak, THR dan kumpul keluarga! Eh? Yang terakhir nggak termasuk? Kenapa gitu? Kok banyak banget ya sekarang generasi muda yang males ikut kumpul keluarga?

Di negara berflower dengan ribuan adat, tradisi dan budaya kayak Indonesia ini, ada aja budaya yang unik. Salah satunya mudik alias pulang kampung. Rakyat Indonesia yang emang sibuk, bahagia banget kalo udah waktunya lebaran karena bisa pulang kampung, libur dan ketemu keluarga. Mudik pun awalnya bertujuan untuk ketemu dan kumpul bareng keluarga. Tapi kenapa sih kok belakangan esensi mudik udah bukan lagi soal kumpul keluarga? Terutama buat generasi muda. Ternyata ini lho alasannya!

1. Body shaming dan bullying 
Yoiiii, salah satu alasan kenapa generasi muda males kumpul keluarga biasanya karena kena bully sewaktu acara kumpul-kumpul. Mulai dari “Kok gendutan?” sampe “Kok jerawatan?” atau bahkan “Kok gendut, jerawatan, jelek, hidup lagi”. Ah ngapain gue dateng ke acara kumpul keluarga kalo cuma jadi bahan bully atau korban body shaming? Body shaming alias ngejek bentuk fisik emang nggak asik banget. Emang sih, banyak keluarga yang udah lama nggak ketemu dan jadi kaget waktu ngeliat kita setelah sekian lama. Tapi ya nggak gitu juga lah! Nggak sekalian tanya "Kok mukamu sekarang makin mirip onta liar?"

Awas! Body shaming bisa dipidanakan lho! 
2. Ini kumpul keluarga atau rapat paripurna sih?
Selain topik yang nyerang pribadi dan fisik, biasanya ada aja sepupu atau om atau tante kamu yang terus-terusan bahas politik. Atau jangan-jangan justru kamu yang bikin obrolan kayak gitu? Helllawwww~ jangan bikin suasana kumpul yang harusnya asik jadi garing deh. Mendingan buka album foto keluarga dan nostalgia aja.

3. Ditanyain pertanyaan-pertanyaan legendaris
Pasti ini alasan utama kenapa banyak yang males ikut kumpul keluarga. Pertanyaan yang bikin mood ancur seketika kayak gini:
“Kapan nikah?”
“Kapan lulus kuliah?”
“Kapan kerja?”
“Kapan punya anak?”

"Kamu anaknya siapa?"
"Kamu manusia bukan?"
"IPK kamu berapa?"
Kapan mati?” 

Masih jadi misteri kenapa orang doyan banget nanya "Kapan nikah" padahal kadang yang nanya juga belom nikah
Pertanyaan-pertanyaan di atas cuma bikin kamu nyengir sambil ngelus dengkul sepupumu. Ketika pertanyaan itu muncul pasti kamu mulai berkeringet dingin, mual-mual, detak jantung meningkat, kamu mulai berhalusinasi ngeliat cahaya putih di seberang sana dan masih banyak gejala aneh lain. Padahal nggak usah ditanyain gitu juga kamu udah bingung ‘kan kapan mau nikah? Bahkan yang usianya kepala dua tapi belom nikah, mulai mempertanyakan "Apakah gue makhluk hidup? Kenapa gue belom berkembang biak juga?". Ah rumit deh pokoknya. Jangan tanya kapan nikah ke sodaramu ya, apalagi kalo sodaramu masih SD. 

4. Yang heboh cuma generasi senior alias tua
Pasti kerasa juga ‘kan? Yang heboh dan seru sampe ngakak guling-guling koprol jumpalitan ya cuma om, tante, bokap, nyokap, kakek, nenek dan para leluhur serta nenek moyang aja. Yang ini mungkin harus kamu maklumin karena mereka emang pengen banget ketemu setelah sekian lama dan berbagi banyak hal. Jadi, maklumin yeeee.

5. Lebih antusias kumpul sama temen lama
“Duh kangen si Udin portal, nih” dalem hati kamu pasti mikir gitu. Pengen banget ketemu kawan lama yang dulu sering becanda sambil dorong-dorongan di pinggir jurang dulu ‘kan? Pasti banyak deh sahabat Cakrawala yang tujuan mudiknya 70% karena pengen nostalgia gitu sama temen-temen SD, SMP atau SMA nya yang satu desa. Terus kalo udah ketemu nanti panggil-panggilan pake nama bapak, bukan nama asli. Lanjut deh tertunduk diam, bukan karena sedih tapi karena mabar PUBG. Yaaaelaaaah, jauh-jauh pulkam ujungnya mabarskuy juga lu. 

Masih banyak alasan kenapa generasi muda sekarang males ikutan kumpul keluarga. Padahal sebenernya banyak banget nilai positif dari kumpul keluarga. Salah satunya adalah untuk lebih kenal tentang keluargamu. Hayo, jangan-jangan kamu sebenernya bukan anggota keluargamu, hahaha! Makanya ikutan dong kumpul keluarga, siapa tau mulai ada pembahasan tanah warisan. Skuy lah, budayakan ikut kumpul keluarga.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Categories

Tentang Kami

Sahabat Cakrawala

Recent Posts

Pages

Theme Support