Viewing phenomenons from other side

Selasa, 18 Juni 2019

ME AND PSIKIATER: SOLUSI EFEKTIF YANG DIANGGEP AIB

Konsultasi ke psikiater itu nggak salah kok!
Galau? Depresi? Stress? Pasti semua orang pernah ngerasain itu. Terutama sahabat Cakrawala yang berusia mulai dari remaja sampe dewasa. Penyebabnya sih banyak. Mulai dari masalah sekolah, kerjaan, diputusin pacar, dikejer utang, kalah maen game MOBA, diputusin pacar karena dikejer utang buat beli diamond demi jago di game MOBA dan masih banyak lainnya. Penyakit dan gangguan kejiwaan itu nggak pandang usia lho guys! Bisa aja kamu yang masih muda, kena gangguan kejiwaan. Bahkan, yang admin liat justru usia muda nih yang banyak kena gangguan jiwa. Mulai dari PTSD, Skizofrenia dan masih banyak lagi gangguan lainnya.

Lagi-lagi, penyebabnya pun beda-beda. Mulai dari beratnya tugas dan kurangnya sosialisasi sampe ke beragam sebab khusus kayak korban broken home dan salah gaul. Eiiitsss! Admin nggak cuma asal nulis lho! Nih admin kutip dari berita di CNN:

Data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013 menunjukkan prevalensi gangguan mental emosional dengan gejala-gejala depresi dan kecemasan pada usia 15 tahun mencapai 14 juta orang. Angka ini setara dengan 6 persen jumlah penduduk Indonesia. Sementara itu, prevalensi gangguan jiwa berat seperti skizofrenia mencapai 400 ribu.

Tingginya angka penderita gangguan jiwa pun berjalan beriringan dengan sejumlah kasus bunuh diri di Indonesia. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat setidaknya ada 812 kasus bunuh diri di seluruh wilayah Indonesia pada tahun 2015.

Wadidaaaaw! Serem yeeee. Nah, untuk itu, admin punya dua saran nih buat sahabat Cakrawala yang mulai ngerasa stress dan depresi, atau yang mungkin ngerasa ada gangguan jiwa. Misalnya ngeliat ada orang lucu, bukannya ketawa malah muncul perasaan sayang. Kalo ditanya “Kenapa sayang sama dia?” nanti dijawabnya “Soalnya dia lucu sih” itu udah pasti gejala gangguan jiwa yang disebut Cinta, ahahay~ ehem…berikut saran admin untuk ngatasin stress:

1. Liburan
Buat kamu yang stress karena kebanyakan kerjaan, ini saran admin. Kamu harus pergi menjauhkan diri dari kerjaanmu, dari keramaian dan dari utang-utangmu (jangan ya, utang harus dibayar). Liburan untuk nikmatin alam bebas kayaknya paling cocok buat ngilangin stress. Kamu bisa coba pantai, pegunungan, hutan lindung, pulau komodo, hutan Amazon, Samudera Pasifik, naek onta ke gurun Sahara, apa aja deh yang berkaitan sama alam bebas. Dijamin stressmu bakal berkurang drastis.
Santai dulu, bebaskan pikiranmu dari segala pemicu stress
2. Meditasi
Bagi sahabat Cakrawala yang berjiwa misqueen sejati, pengen ngilangin stress yang low budget, atau stressnya karena emang nggak ada budget, coba saran ini. Meditasi dan yoga itu salah satu jalan efektif untuk ngurangin stress. Atau cukup dengan duduk santai sambil rendam kaki kamu pake sebaskom air hangat, jangan lupa masukkin kaldu dan diaduk sampai rata, kemudian diamkan lima menit. Ngawuuuurrrr~

3. Curhat ke psikiater
Naaaah! Ini nih, solusi yang menurut admin sebenernya paling efektif untuk ngatasin stress dan depresi. Sayangnya, banyak orang yang masih mandang sebelah mata. Akuin aja, kalo kamu punya temen yang berobat ke psikiater pasti kamu mandang dia aneh, freak, gilak, aneh, dan sebagainya. Padahal ya, orang yang berobat ke psikiater itu nggak ada bedanya sama orang yang berobat ke dokter. Bedanya, kalo ke dokter itu sakitnya fisik, kalo ke psikiater sakitnya mental. So, nggak ada yang salah dengan konsultasi ke psikiater. Justru orang-orang yang mandang sebelah mata itu tuh yang salah!

Banyak penyakit mental dan gangguan kejiwaan yang berkembang semakin parah
karena dibiarkan dan nggak dikonsultasikan
Nah, sahabat Cakrawala yang butuh curhat dan konsultasi ke psikiater, nggak usah ragu! Kamu nggak aneh, kamu nggak salah, justru kamu ngelakuin hal yang bener karena setiap penyakit emang harus ditangani sama ahlinya. Yang namanya penyakit, kalo nggak segera ditangani nanti bakal semakin memburuk. Baik penyakit fisik maupun mental. Apalagi penyakit hati yang masih kamu rasain ke mantan-mantanmu. Semakin diingat, semakin ngarep balikan. Buruan move on gaes!

Sumber:
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Categories

Tentang Kami

Sahabat Cakrawala

Recent Posts

Pages

Theme Support