Viewing phenomenons from other side

Senin, 10 Juni 2019

INI ALASAN KENAPA KAMU WAJIB NGAJARIN ANAK DAN ADIK-ADIKMU MAIN VIDEO GAMES!

Generasi ‘90an pasti tau jelas gimana rasanya dateng ke rumah temen yang punya mesin game. Entah itu SEGA atau Nintendo yang saat itu emang populer banget. Tahan banget gitu nungguin temen yang punya mesin game atau temen yang dateng duluan sampe bosen, baru bisa gantian maen. Generasi yang lebih tua lagi (generasinya Fir’aun ini kayaknya) juga paham gimana rasanya dateng ke arcade center alias ding-dong yang sekarang sebagian besar gamenya udah bisa dinikmatin lewat software Neo-Geo. Makanya gamer generasi arcade bisa sabar banget nunggu koin temennya abis. Udah kayak Bondan Prakoso ya. Bedanya, Bondan jago nge-rap, kamu jago ngarep, wahahaha!

Momen terkampretnya ketika nunggu temen yang dikira koinnya udah abis, ternyata doi anak orang kaya dan nambah koin lagi (kalo kamu pernah ke rental PS, ya gitu rasanya). Rasanya ingin meminum obat penahan caci maki. Beda sama generasi sekarang. Yoiii, generasi sekarang udah lebih nyaman dengan handheld alias mesin game yang portable alias bisa dibawa ke mana-mana. Mulai dari COC, PUBG, ML, FF, sampe AOV jadi pilihan mereka.

Sahabat Cakrawala yang kenal sama SEGA, NES, SNES dan PS1 mungkin sebagian besar dari kita udah pada tua dan udah punya anak. Mungkin banyak juga sahabat Cakrawala yang mikir dua kali untuk ngenalin video game ke anak-anaknya. Tapi admin sarankan, jangan ragu untuk kenalin video game ke anak-anak kalian! Kenapa? Skuy kita bahas!

1. Game memberikan kesempatan untuk belajar manajemen resiko 
Dalam video games, terutama yang berjenis RPG alias game bermain peran, anak-anak bisa ngatur manajemen resiko. Setiap ngelakuin kesalahan waktu ngambil keputusan di dalem game, mereka bisa ulang-ulang terus sampe bener tanpa harus kehilangan apapun kecuali kesabaran. Kalah ngelawan monster, ulang, kalah ngelawan monster, ulang. Andai hidup bisa diulang gitu juga, pasti dulu-dulu kamu nggak bakal ketauan selingkuh ‘kan? Sekalinya ketauan, ulang lagiiii~ 
Rekomendasi game: Final Fantasy series, Harvest Moon series 

2. Video game menjauhkan kita dari pergaulan negative 
Masa sih!? Iya, bisa banget! Dengan catatan, kamu perlu beli mesin game yang formatnya konsol (nggak bisa dibawa ke mana-mana). Contohnya kayak PlayStation 1-4, Xbox, dan sebagainya. Karena nggak bisa dibawa-bawa, jadi mau nggak mau ya anakmu nanti maen di rumah aja. Jadi kamu lebih mudah ngendaliin pergaulannya. Kecuali ya kalo dia ngajakin bandar judi sama bandar narkoba maen PS bareng di rumah. Ya itu percumaaaa, Bambaaaang!

 
Mulai dari bercocoque tanam, bersosialisasi, jualan sayur, ngegombal, sampe nikah, lengkap di Harvest Moon
3. Video game bisa ngelatih syaraf psikomotorik 
Ini adalah manfaat paling dominan kalo kita bahas soal video games. Kamu bisa mulai dengan game-game puzzle kayak Tetris, game balapan dan game fighting. Yang penting saat milih game fighting jangan langsung milih Mortal Kombat, bisa-bisa anakmu trauma dan mengalami penuaan dini. 
Rekomendasi: Tetris, semua game racing/balapan, game-game fighting yang ringan seperti Naruto dan One Piece (jangan kasih anakmu Mortal Kombat kalo dia belom berusia 18 tahun ya!)

4. Belajar strategi juga bisa dari video game Ada beberapa jenis game yang bisa ngajarin anakmu berbisnis dan berstrategi. Mulai dari ngatur keuangan, pengambilan kebijakan dan banyak lainnya. Kamu pasti pernah tau game Tahu Bulat di Android ‘kan? Kurang lebih sistemnya gitu, tapi lebih banyak pilihan dan fiturnya. 
Rekomendasi game: Age Of Empire, Harvest Moon, SimCity, game-game tycoon dan sejenisnya. 


Lain halnya dengan The Sims, anggep aja kamu sebagai manusia, hidup di dalem game, ya itulah The Sims.
Mulai dari makan, bangun rumah, kerja, temenan sama orang, semuaaaa kamu harus atur sendiri.
5. Belajar bahasa Inggris paling asyik emang dari video game 
Banyak banget temen-temen admin yang ngaku belajar bahasa Inggris dari maen video game. Well, sebenernya emang nggak semaksimal belajar bahasa Inggris secara terfokus. Tapi gini deh, kamu sendiri kalo belajar bahasa Inggris lebih pilih baca buku atau sambil maen game? Hayoooo! Ngaku aja, pasti pengennya belajar bahasa Inggris…sama gebetan ‘kan?

Selain hal-hal di atas, kamu juga bisa ajarin anakmu untuk belajar kerja sama tim dengan fitur multiplayer alias maen rame-rame. Kamu juga bisa latih anakmu untuk belajar nabung demi beli mesin game atau software game baru. Tapi sebagai orang tua, kamu juga harus belajar tentang sistem rating ya. Nanti kita bahas di postingan lainnya.

Bonus: CTR alias Crash Team Racing, ini nih game balapan yang paling recommended. Cobain deh!
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Categories

Tentang Kami

Sahabat Cakrawala

Recent Posts

Pages

Theme Support