Viewing phenomenons from other side

Rabu, 12 Juni 2019

INTROVERT VS AVOIDANT, KAMU YANG MANA?



Males keluar rumah, nggak suka kerumunan, nggak suka tempat rame, hmmm, apakah gue seorang introvert? Well, pernah nggak sih sahabat Cakrawala mikir kayak gitu? Mungkin ada aja orang-orang yang ngerasa nggak suka di tempat rame. Entah karena takut dicopet atau nggak suka aja sama tempat rame. Lebih suka aktivitas di tempat sepi kayak tiduran di kuburan atau ngopi di dasar laut. Cenderung nggak ikut ngobrol dan masih banyak lagi. Tau nggak sih? Belum tentu kalian yang gitu tuh introvert. Bisa jadi kalian itu avoidant. Emang beda? Beda dong!

Secara garis besar, introvert itu mau bersosialisasi, tapi ya cuma seperlunya aja. Beda halnya sama avoidant yang kalo bisa sih, nggak usah terlibat sama orang lain. Tipe-tipe jomblo ngenes akut berkarat kayaknya nih. Kita bahas ya.

1. Introvert itu… 
Kira-kira gini deh porsi denger-mikir-ngomong nya orang introvert
Orang-orang yang sebenernya mau aja bersosialisasi, tapi milih. Orang introvert mau ngobrol kok. Tapi seperlunya aja. Mereka juga nggak terlalu banyak ngasih informasi kalo nggak penting-penting amat. Kalo punya masalah, biasanya orang introvert itu nggak mau cerita, beda sama orang extrovert. Sariawan aja bisa jadi status Whatsapp berhari-hari, apalagi kena penyakit serius, bisa jadi novel kali ya.

2. Kalo avoidant…
Golongan avoidant ini biasanya suka gaya hidup soliter alias menyendiri. Kumpul alumni, dia mojok. Kumpul keluarga, dia mojok. Kumpul kebo, dia nggak hadir. Yah gitu deh. Lebih jauh lagi, avoidant biasanya bener-bener males bersosialisasi sama siapapun. Tapi kadang mereka ini luwes berkomunikasi dan berani di media sosial dan media lain. Murni anti-sosial deh pokoknya.
Fakta avoidant
3. Kaum introvert bisa jadi saingan karir yang berbahaya
Beneran deh! Orang-orang introvert itu nggak terlalu banyak bersosialisasi. Makanya, energi mereka abis buat fokus kerja. Sebagai seorang extrovert, admin ngakuin kalo di kantor biasanya admin banyakan ngeghibah daripada kerja, hahaha! Orang-orang introvert, nggak punya waktu buat itu. Makanya karir mereka biasanya lebih terfokus. 

4. Untuk ketemu sama penderita avoidant, mudah banget caranya
Orang-orang introvert masih agak susah ditemuin dibanding avoidant. Introvert biasanya masih mau jalan keluar bareng temen-temen akrabnya. Jadi, introvert nggak selalu ada di rumah. Beda sama avoidant yang hampir PASTI selalu di rumah dan…mojok. 

5. Dari segi sosial, kaum introvert ternyata bisa unggul juga
Haaaa? Kok bisaaaa? Bisa dong! Kaum introvert, kayak yang udah admin jelasin sebelumnya, mereka lebih suka ngomong seperlunya. Jadi mereka jarang nyinggung perasaan orang dan lebih efektif jadi pendengar yang baik. Siapa sih yang nggak suka sama sosok pendengar yang baik? Radio aja maunya didenger, nggak diajak ngobrol.

Apakah berbahaya? Nggak, sebenernya introvert nggak membahayakan karena masih ada kemungkinan untuk bersosialisasi. Yang mengkhawatirkan itu avoidant. Karena avoidant dominan menarik diri dan bener-bener anti sosial. Nah itu tadi bedanya antara Introvert sama Avoidant. Jadi kamu yang mana? Tulis di kolom komentar ya.

Nulis komentarnya nggausah sambil mojok gini ya

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Categories

Tentang Kami

Sahabat Cakrawala

Recent Posts

Pages

Theme Support